Serunya Wisata Ke Pulau Sabang Aceh Indonesia

Jika berjalan-jalan di pantai murni adalah jenis liburan yang Anda impikan, maka Kabupaten Sabang di provinsi Aceh adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Dengan berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan berbagai pantai serta wisata snorkling dan diving kamu menyelam dan melihat ikan keindahan terumbu karang di sana.

Jangan tertipu, namun: Kabupaten ini, juga rumah bagi pulau kecil yang terkenal dengan nama yang sama yang menandai titik awal "kilometer-nol" Indonesia, menawarkan pengunjung lebih dari sekadar pantai yang indah. Ada kemungkinan untuk menyelam, snorkeling, dan trekking yang akan membuat masa menginap Anda tak terlupakan.

Penduduk setempat mengatakan bahwa nama pulau adalah akronim untuk frasa "santai banget", atau sangat santai. Saya datang ke Sabang dengan lima teman dengan satu tujuan untuk melihat betapa benarnya pepatah ini. Untuk anda yang ingin liburan ke pulau ini bisa dengan menggunakan paket wisata Sabang karena bisa lebih murah ketimbang travel sendiri.

Kami naik feri dari dermaga Ulee Lheue di Banda Aceh, ibu kota Aceh, berangkat jam 9:45 pagi. Kami memilih fast boat, yang biayanya Rp 100.000 per orang untuk kabin VIP atau Rp 80.000 untuk kabin biasa, dan menyeberang selat dalam 45 menit.

Pilihan lainnya adalah feri reguler, dengan biaya Rp 30.000 untuk kelas reguler atau Rp 60.000 untuk kabin VIP dan melakukan perjalanan yang sama dalam 90 menit.

Kapal cepat itu bernilai setiap rupiah. Feri itu bagus dan nyaman dan menawari kami sejumlah pilihan untuk sementara waktu saat berjalan, apakah berjemur di dek atau bersantai di kabin ber-AC dengan televisi memainkan lagu-lagu karaoke (meskipun tidak ada yang mengambil mikrofon untuk bernyanyi).

Setibanya kami di dermaga Balohan, kami disambut oleh Bang (kakak laki-laki) Fendi, seorang pria besar yang menemani kami ketika kami menjelajahi Pulau Sabang.

Ketika dia mengulurkan tangan untuk menyambut kami, saya memperhatikan tangannya: Semua 10 jari memiliki cincin dengan batu permata sebesar koin setengah dolar AS.

Fendi, ternyata, adalah anggota GAM, gerakan separatis yang melancarkan perlawanan selama beberapa dasawarsa melawan Indonesia. Perjuangan itu berakhir dengan pembicaraan damai Helsinki pada 2005, setelah tsunami yang menghancurkan provinsi itu pada 2004.

Di masa damai, Fendi telah mengabdikan hidupnya untuk mempromosikan pariwisata di Sabang, di mana ia menjalankan homestay kecil dan menyewakan mobil kepada pengunjung.

Penyewaan Toyota Avanza selama satu hari dengan sopir berharga Rp 750.000, termasuk bensin. Kami berhenti untuk foto singkat di COT GT Balohan, tempat pengamatan terkenal yang menawarkan pemandangan lantang di Teluk Instagram di Balohan.

Kami menurunkan tas kami di rumah tamu Anoi Itam sebelum menjelajahi pulau lebih jauh.

Pantai Sumur Tiga

Sumur Tiga berarti Tiga Sumur dan memang memiliki sumur tua yang tidak terlalu jauh dari pantai. Ini menawarkan tiga kilometer pantai yang tak tersentuh dan pasir lembut, semua menunggu untuk dijelajahi.

Pohon kelapa berbaris di pantai. Beberapa orang terkulai sangat rendah sehingga kami dapat menggantung tempat tidur gantung kami di dekat mereka dan berbaring untuk menikmati hari itu.

Pantai Sumur

Tiga tidak jauh dari jalan utama Pulau Sabang. Meskipun gratis untuk masuk, menemukan titik masuk agak sedikit rumit.

Tanyakan pada penduduk setempat dan mereka akan menunjuk ke jalan kecil di antara pohon-pohon kelapa di sebuah kedai makanan sebagai pintu masuk. Sayangnya, tidak ada rambu yang jelas pada saat ini.

Untuk mendapatkan sebagian besar pantai, kami masuk dari sebuah restoran bernama Casa Nemo dengan akses langsung dan pemandangan pantai Sumur Tiga yang sangat bagus.

Membayar beberapa gelas es teh untuk mendapatkan akses dari Casa Nemo sepadan dengan harganya. Kami harus bersantai di bangku keren mereka.

Pantai Gapang

Pantai Gapang membutuhkan perjalanan lebih jauh ke barat. Ini adalah tempat yang populer bagi pengunjung dan penduduk lokal.

Dalam hal ini, ada tanda besar yang ditandai dengan jelas yang mengiklankan pintu masuk ke Pantai Gapang dan kami dapat berkendara.

Gapang tenang, dikelilingi oleh pohon-pohon besar almond laut (ketapang), yang menawarkan bayangan yang menyenangkan dan menenangkan selama sore hari yang panas.

Warung makanan menjual makanan lokal dan minuman tersedia dalam jarak berjalan kaki di sekitar pantai ini. Air kelapa segar yang dihirup dari cangkang adalah pilihan terbaik, tentu saja.

Tidak seperti di Aceh daratan - dan terutama di Banda Aceh, di mana orang-orang, termasuk pengunjung, diharapkan untuk mengenakan celana panjang atau rok dan jilbab di Sabang, orang-orang lebih santai, terutama di pantai.

Kami pergi ke pantai memakai celana pendek dan t-shirt dan penduduk setempat tampaknya terbiasa dengan itu. Tidak ada yang memberi kami komentar tentang pakaian kami.

Nol Kilometer Landmark

Ada sebuah lagu Indonesia yang terkenal berjudul "Dari Sabang Sampai Merauke", yang mengacu pada 5.243 kilometer dari Sabang sampai Merauke, titik paling barat dan paling timur negara tersebut.

Menyanyikan lagu ini di sepanjang jalan, kami berkendara ke sudut paling barat Pulau Sabang untuk melihat penanda nol kilometer. Itu adalah jalan panjang dan berliku yang ditentang Fendi dengan penuh percaya diri.

Ada konstruksi yang terjadi ketika kami tiba. Spidol semakin ditingkatkan, membuatnya lebih tinggi dan lebih besar. Dek observasi konkret juga sedang dikerjakan, untuk menawarkan lebih banyak ruang bagi pengunjung untuk duduk, bersantai dan menyaksikan lautan di bawah.

Pantai Iboih dan Pulau Rubiah

Iboih terkenal di kalangan penyelam karena pemandangan bawah lautnya yang indah. Meskipun tak satu pun dari kami adalah penyelam, kami menikmati pantai sama banyak. Untungnya, Fendi menawari kami cara lain untuk mengintip kehidupan bawah laut tanpa bahkan menjadi basah.

Sebuah perahu berlantai kaca. Kami melompat pada kesempatan itu. Kami menyewa perahu beralas kaca di dermaga Iboih dan berlayar ke Pulau Rubiah yang berdekatan.

Ngomong-ngomong, dasar kapal sebenarnya bukan kaca. Ada satu panel transparan yang terpasang di dek, di mana ikan dan makhluk lain bisa terlihat berenang di sekitar. Ketika kami berkunjung, itu adalah musim ketika ubur-ubur merah berlimpah.

Kami bisa melihat mereka berenang berkelompok. Ada yang sebesar bola basket. Biaya sewa perahu adalah Rp 350.000 dan sangat murah.

Apa yang harus makan
Sabang terkenal dengan mie jalaknya, hidangan mie yang disajikan dengan kaldu pedas dan ikan suwir, dimasak dengan kecap asin dan disajikan dengan tauge dan ditutup dengan telur rebus. Piring itu mengejutkan ringan dan pedas dan ukuran porsi tepat, memuaskan tetapi tidak terlalu banyak.

Sabang juga memiliki jenis rujak tertentu, berbagai macam buah-buahan dalam irisan kecil yang disajikan dengan saus kacang panas dan asam.

Di sini mereka menambahkan buah lokal yang disebut rumbia, yang berasal dari sejenis pohon sagu. Buah memiliki kulit yang bersisik dan harus dibuka dengan menginjaknya sampai pecah. Jika kita memotong buahnya, jus pahit akan keluar.

Jus gepeng, sementara itu, menawarkan pujian yang bagus untuk saus rujak. Kelezatan lokal lain yang terkenal adalah kari domba, disajikan dari sebuah restoran yang terletak di depan sebuah masjid di pusat kota.

Tempat ini buka saat makan siang hingga sore hari. Potongan besar daging domba dimasak dengan kari ringan dan disajikan dengan nasi di piring terpisah. Ini adalah sajian hangat bagi pecinta daging. Jika Anda menantikan untuk bersantai di beberapa pantai yang indah dan melakukan beberapa kegiatan air, Sabang pasti tidak boleh dilewatkan.

Jika Anda pergi Pulau ini sekarang dilayani oleh pesawat dari Bandara Internasional Kuala Namu di Medan, Sumatera Utara, dari mana koneksi reguler ke Jakarta atau Singapura dapat dengan mudah ditemukan.

Postingan populer dari blog ini